20.12.10

Euphoria Bola

Suatu ketika dalam perjalanan pulang dari lab menuju kosan, saya tertegun ketika beli teh kotak di warung dekat kosan saya. Pasalnya, teteh pemilik warung yang  hobinya nonton sinetron, tiba-tiba saat itu terlihat sedang serius menyaksikan pertandingan bola. Rupanya si teteh sedang serius menonton pertandingan piala AFF antara Indonesia vs Malaysia ketika laga grup. Saya masuk ke kosan, para penghuni sedang berkumpul ramai-ramai di depan tv menonton hal yang sama. Saya pun mulai sadar, ooh....ternyata orang-orang pada mau nonton pertandingan bola ini tohh....pantesan tadi di lab pada heboh (autis mode).

Beberapa hari berikutnya, ketika membeli capcay di tenda mawut sepulang dari lab juga. Nampak bapak pemilik tenda mawut yang tidak pernah menyiapkan tv di tenda dagangannya, tampak menyetel-nyetel antena di atas tv berukuran 18 inchi. Rupanya laga pertama Indonesia vs Filipina sudah akan dimulai. Nampak seluruh mata di tenda itu, dari juru masak, para pelanggan, penjual martabak, dan pengamen, mengarah ke tv tersebut. Terasa suatu 'hawa' yang berbeda yang tidak pernah saya rasakan di hari biasanya. Saya jadi merasa ingin cepat-cepat pulang ke kosan, pasti ramai nonton bareng anak kosan  yang suka pada heboh. Di sepanjang jalan menuju kosan, saya melihat hampir di semua tenda warung, salon, toko, tempat fotokopian, sedang ramai menonton timnas Indonesia berlaga.
Ketika gol berhasil diciptakan dari kaki Christian Gonzales, suara suka cita itu bergemuruh dalam waktu bersamaan....
Tak hanya di stadion tempat kemeriahan itu sedang berlangsung, tak hanya di kamar mungil kosan ini, tak hanya di rumah saya di Makassar, tak hanya di tenda-tenda makanan sepanjang Balubur, tak hanya di mall-mall atau cafe-cafe sepanjang jalan Setia Budi yang mengadakan acara nonton bareng, tapi juga di desa-desa terpencil nun jauh di sana, di pulau-pulau kecil berpenghuni, di perbatasan negeri, bahkan mungkin ada yang  di luar negeri. Seluruh Indonesia bersorak!
Ini bukan piala dunia, tapi euphoria yang ada di udara melebihi piala dunia...
Sungguh beda rasanya ketika dulu kita mendukung Spanyol atau Belanda...
Kini kita berteriak INDONESIA!! INDONESIA!!
Sukses untuk Timnas Indonesia. Semoga berhasil mengalahkan Malaysia di babak Final nanti, amin...





No comments: