9.6.11

Kenapa nama saya Aura Purify??

Aura Purify


Dari lahir saya tidak pernah merasa aneh dengan nama itu, saya menganggapnya wajar-wajar saja. Saya juga heran banyak yang bertanya ada mimpi apa atau peristiwa apa sehingga saya diberi nama seperti itu. Saya baru menyadarinya ketika saya beranjak dewasa dan mulai mengalami peristiwa-peristiwa yang disebabkan oleh keanehan nama saya. 
Dari mulai kadang dapat jatah soal ujian untuk agama kristen, dikerumunin bule-bule yang menatap amazing nama saya, dikira bukan orang Indonesia, di-reject ketika add friend di FB (karena ga dikenali), di add friend dan dimasukin family tree keluarga negro yg namanya belakangnya Purify, dikira nama alay, dll. heuh...

Saya dari dulu tak pernah diberi tahu oleh orangtua saya kenapa saya diberi nama seperti itu. Yang saya tahu hanyalah sejarah nama panggilan saya Rara yang diberikan oleh ibu saya dan keluarganya. Rara nama saya ini beda dengan nama Rara pada umumnya, Rara yang dimaksudkan disini sebenarnya adalah Ra'ra'/ Rakrak, pakaian Toraja yang terbuat dari emas.


Beberapa hari sebelum saya dilahirkan di Jakarta, nun jauh di Tana Toraja sana, tongkonan nenek saya habis dilalap api, di dalamnya terdapat baju Rakrak yang dijaga turun temurun. Baju itu lenyap sudah entah kemana, kemudian lahirlah saya. Kebetulannya adalah Rara' menandakan darah keturunan murni. Kepercayaan mitos masih berakar kuat di Tana toraja. Dengan lahirnya saya yang notabene campur-campar gak jelas keturunan bermacam suku Nusantara dan ras asing, dianggap lenyaplah kemurnian darah itu pada saya. Jadi harapannya saya dapat menggantikan harta pusaka Rakrak yang lenyap itu. (berat juga ya...hehe...)

Mungkin untuk  mengimbangi nama panggilan saya yang bernilai tradisional dan historis, ayah saya kemudian memberi saya nama yang modern, kebarat-baratan, Aura Purify. Ayah saya hanya memberi tahu maknanya bahwa ia ingin anaknya memancarkan 'cahaya kebajikan' Aura Purify.
Begitu saja tidak kurang, tidak lebih...

Sekian. :)


2 comments:

Aa iman said...

kalo rararong?? tuh gimana raa??

Grace de Gracious said...

hahahaha...mmg negro albino kan dirimu ???